Masa Pandemi, Ekspor Asparagus Petani Temanggung Terus Naik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Masa pandemi tidak menyurutkan Langkah para petani Asparagus di Temanggung Jawa Tengah untuk bertahan. Hal itu ternyata membuahkan hasil, saat ini Asosiasi Petani Asparagus Temanggung tengah menjajaki ekspor asparagus ke Singapura.

Ketua Asosiasi Petani Asparagus Temanggung (APAT) Basori Supriyanto mengatakan bahwa asosiasi telah mencoba mengirim asparagus melalui Bloom Agro sebanyak 50 kilogram ke Singapura.

“Kelihatannya mendapat respons bagus dan rencananya mulai minggu ketiga Februari 2021 dilakukan pengiriman secara rutin ke negara tersebut,” katanya.

Dia mengatakan bahwa rencananya pengiriman dilakukan seminggu dua kali dengan volume 100-150 kilogram setiap kali pengiriman dengan kualitas yang bagus.

“Permintaan sesuai standar mereka, yakni grade A atau grade B dengan harga Rp 60.000 per kilogram,” katanya.

Basori menyebutkan bahwa selama ini pihaknya sudah mengirim asparagus untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri ke beberapa kota, antara lain Bandung, Bogor, Jakarta, dan Yogyakarta.

Bloom Agro, katanya, dalam dua bulan terakhir setiap minggu bisa menyerap 1—1,5 kuintal asparagus dari Temanggung. “Perusahaan tersebut menyerap semua grade, baik A, B maupun grade C untuk kebutuhan dalam negeri,” katanya.

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto mengatakan potensi pengembangan asparagus sangat besar dan permintaan pasar juga terbuka luas.

Asparagus kualitas premium, katanya harga jual sekitar Rp 80.000 per kilogram, sehingga dalam satu hektare bisa menghasilkan Rp 1,6 miliar per tahun.

“Tidak hanya pasar nasional, pasar Asia masih kekurangan stok dan produksi asparagus dari Indonesia tergolong dalam kualitas tinggi,” katanya.

Anton berharap agar asosiasi dapat meningkatkan penampilan dari kemasan produk asparagus untuk meningkatkan nilai tambah produk. Ini sebagaimana arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

“Dengan kerja keras semua pihak, mudah-mudahan pemerintah akan mendorong upaya ekspor asparagus ke luar negeri yang masih terbuka luas di Asia, Timur Tengah, Amerika Serikat maupun Eropa,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini