Maret 2020, Malioboro jadi Kawasan Bebas Asap Rokok

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah Kota Yogyakarta terus menata daerahnya agar lebih bersih dan sehat. Kali ini, kawasan Malioboro bakal bebas asap rokok dan mulai diterapkan pada akhir Maret 2020.

“Rencananya, peresmian Malioboro sebagai kawasan tanpa rokok akan dilakukan akhir Maret,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Eny Dwiniarsih di Yogyakarta, mengutip Antara, Senin 13 Januari 2020.

Menurut dia, salah satu persiapan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan Malioboro sebagai kawasan tanpa rokok adalah keberadaan tempat khusus merokok sehingga wisatawan tidak merokok sembarangan dan asapnya mengganggu pengunjung lain.

Hanya saja, lanjut Eny, tempat khusus merokok tersebut tidak diperbolehkan dibangun di sepanjang jalur pedestrian di Malioboro, karena dikhawatirkan akan mengganggu akses wisatawan dan keberadaan fasilitas tersebut tidak sesuai dengan aturan keistimewaan DIY.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta akan berupaya melakukan pendekatan ke pihak ketiga, yaitu pelaku usaha di sepanjang Jalan Malioboro untuk bisa menambah fasilitas berupa tempat khusus merokok di persil yang mereka miliki.

“Misalnya masih ada halaman hotel atau toko yang luas dan dekat dengan pedestrian, maka bisa ditambah fasilitas tempat khusus merokok yang juga bisa diakses pengunjung Malioboro,” katanya.

Eny mengatakan, tidak ada desain khusus yang harus dipenuhi untuk membangun tempat khusus merokok di Malioboro.

Namun, tempat khusus merokok tersebut harus berada di luar ruangan dan dilengkapi dengan asbak sehingga puntung rokok tidak dibuang sembarangan.

Selain itu, di beberapa sirip-sirip jalan di sepanjang Malioboro juga akan dilengkapi dengan penanda yang menyatakan bahwa kawasan Malioboro adalah kawasan tanpa rokok.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini