Mantul, Ini Empat Catatan Prabowo Dukung Pemindahan Ibu Kota

Baca Juga
MINEWS.ID, JAKARTA – Rival Jokowi di pemilihan presiden yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ternyata mendukung upaya pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur.

“Pada prinsipnya Prabowo Subianto dan Partai Gerindra setuju pemindahan ibu kota dengan catatan,” kata Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Jakarta, Selasa 27 Agustus 2019.

Prabowo telah menyampaikan kepada seluruh anggota Fraksi Partai Gerindra bahwa usulan pemindahan ibu kota sebenarnya sudah menjadi usulan Gerindra sejak 2014.

Menurut Dahnil, Prabowo memiliki empat catatan soal pemindahan ibu kota itu;

Pertama, kebijakan tersebut harus didasari dengan kajian yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Harus menjadi program jangka panjang yang dipersiapkan dengan sangat matang sekali.

Kedua, pemindahan ibu kota harus didasari dengan pandangan ekonomi biaya kesempatan atau oppourtunity cost selain tentu biaya keuangan atau financial cost. Pondasi dasar dari kedua pandangan ekonomi itu adalah prioritas dan jangan sampai rencana tersebut mengabaikan masalah paling dasar lain.

Ketiga, masalah paling dasar lain kapasitas negara menyelesaikan kemiskinan, pengangguran, dan kedaulatan ekonomi, seperti kedaulatan pangan, kedaulatan energi, serta pertahanan dan keamanan. Menurutnya, itu semua adalah masalah primer bangsa Indonesia.

Keempat, selain memperhatikan prioritas dan kesenjangan ekonomi, pemindahan ibu kota juga harus memperhatikan dampak sosial, budaya, dan politik bagi persatuan dan kesatuan NKRI.

Menurut Dahnil, Prabowo menilai pemindahan ibu kota tidak sekadar masalah ekonomi, tetapi ada masalah antropologis budaya dan masalah geopolitik, pertahanan, keamanan, serta masalah lingkungan hidup.

Dahnil menegaskan Prabowo dan Gerindra mendukung segala upaya baik yang pro masa depan, bukan upaya mengabai masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini