Mantul, Indonesia Punya Pusat Kecerdasan Buatan Pertama

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan semakin berkembang di Indonesia karena pemerintah telah membangun AI Center of Excellence hasil kerja sama UI dan Tokopedia.

Lembaga itu akan menjadi pusat pengembangan kecerdasan buatan pertama di Indonesia.

Salah manfaatnya mendukung kemudahan bagi masyarakat dan pengembangan industri.

AI Center of Excellence didukung teknologi superkomputer NVIDIA dan NVIDIA DGX-1. Super komputer ini menggunakan NVIDIA GPU Cloud Deep Learning.

GPU itu diklaim mampu melakukan pelatihan data empat kali lebih cepat daripada GPU lain.

“Dengan kolaborasi ini, diharapkan dunia pendidikan tinggi dan industri bisa mencetak lulusan yang unggul dan siap berkompetisi secara global,” kata Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis di Depok, Kamis 28 Maret 2019.

Melalui kerja sama ini, peneliti dari UI akan mengembangkan solusi berbasis AI. Solusi tersebut untuk mengatasi berbagai masalah di masyarakat dan industri, termasuk e-commerce.

Selain e-commerce, bidang lainnya yang juga bisa dicari solusinya melalui pusat riset AI ini. Misalnya dalam membangun jaringan logistik, manajemen risiko, keamanan siber, hingga sistem pembayaran.

Peneliti juga bisa meneliti berbagai cara untuk membantu pedagang menghasilkan dan memberikan layanan serta produk yang lebih baik.

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini