Mantul, Begini Cara BPPT Modifikasi Cuaca Jambi Buat Atasi Karhutla

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Provinsi Jambi teremasuk wilayah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang harus mendapat perhatian. Maka Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memiliki cara tersendiri untuk melakukan modifikasi cuaca agar masalah kabut asap yang mengganggu, hilang.

“Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) akan berhasil jika ada potensi awan disana,” kata Deputi Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA BPPT) Yudi Anantasena di kantor Kementerian Kominfo, Senin 23 September 2019.

Dia mengatakan penyemaian akan dilakukan jika potensi awan terpantau di langit Jambi. Namun untuk melakukan modifikasi cuaca di wilayah tersebut, bisa juga dibantu dari langit Riau atau Sumatera Selatan.

BPPT akan memberangkatkan tim dari Pekanbaru melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC-BPPT) untuk merekayasa hujan di Provinsi Jambi.

Operasi hujan buatan dimulai Senin 23 September 2019. BPPT melibatkan TNI AU dalam operasi tersebut.

Sebab penebaran garam NaCl membutuhkan pesawat angkut Hercules C-130 milik TNI AU. Sedangkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dilibatkan untuk menentukan awan yang berpotensi menjatuhkan air hujan.

Prediksi BMKG, potensi awan akan membaik beberapa hari ke depan. BPPT akan mengoptimalkan potensi awan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Yudi menjelaskan timnya akan melakukan penyemaian kapur tohor (CaO) di pagi hari. Upaya itu akan mengurangi kepekatan asap dan memudahkan pertumbuhan awan potensial di wilayah Jambi.

Setelah awan-awan terpantau muncul, baru di siang hingga sore harinya melakukan penyemaian garam NaCL untuk menurunkan hujan.

 

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini