Ilustrasi Tenaga Kerja Asing (TKA) CIna
Ilustrasi Tenaga Kerja Asing (TKA) CIna

MATA INDONESIA, MALUKU UTARA – Sebanyak 155 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina dipulangkan melalui Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara, Rabu 13 Mei 2020.

Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate Anwar Hamid mengatakan, ratusan TKA Cina itu bekerja sebagai karyawan PT Indonesia Weda Bay Industrial park (IWIP) yang kontraknya telah habis.

“Mereka diberangkatkan dengan Lion Air tujuan Ternate-Jakarta, dan harus menjalani pemeriksaan rapid test di bandara,” kata Anwar.

Rapid test yang dilakukan itu, menurut Anwar, adalah rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut. Ia menyebut, jika ada yang dokumennya tidak lengkap, maka akan ditahan dan harus memiliki prosedur khusus untuk berangkat.

Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sultan Babullah Ternate bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) berkomitmen mengawasi secara ketat protokol penumpang yang akan berangkat.

“Kami telah instruksikan kepada seluruh petugas, tidak ada penumpang untuk mudik dan mereka pasti ditahan, sehingga maskapai harus taat dan patuh, kalau kedapatan penumpang mudik akan dikenai sanksi bagi maskapai hingga penghentian operasional,” ujarnya.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here