Layanan sistem hiburan di pesawat yang diakses melalui wireless alias Wireless Fidelity (WiFi) Entertainment On-board di dalam pesawat Batik Air (doc: batik air)

MINEWS, JAKARTA – Kabar gembira bagi para pengguna layanan maskapai Batik Air. Maskapai yang jadi bagian dari Lion Air Group telah meluncurkan fasilitas terbaru yaitu sistem hiburan di pesawat yang diakses melalui wireless alias Wireless Fidelity (WiFi) Entertainment On-board. Pada tahap awal, Batik Air memasang dan melakukan uji coba wifi entertainment pada tiga pesawat Airbus 320-200CEO beregistrasi PK-LAZ, PK-LUH dan PK-LUI.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Batik Air Achmad Luthfie, yang bertindak selaku partner yang menyediakan wifi on-board ini adalah PT Dua Surya Dinamika (AirFi Indonesia). Sementara untuk pemasangan perangkat tersebut dilakukan oleh Batam Aero Technic (BAT) sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat member of Lion Air Group.

“Proses pemasangannya telah mendapatkan sertifikasi dari regulator dan mengikuti aturan pengoperasian pesawat udara. Selain itu sudah menjalani pemeriksaan dan persetujuan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat 15 November 2019.

Lebih lanjut Achmad mengatakan, konten layanan dari wifi entertainment yang dapat dinikmati setiap tamu pada penerbangan Batik Air, antara lain video (movies and TV shows), musik video (music), permainan (games), program anak-anak (kids), gaya hidup (lifestyle), Instagram, percakapan tertulis antarpersonal dalam pesawat (on-board chat), berita (news), majalah elektronik (e-magazine) dan fitur lain.

“Fitur wifi entertainment ini menjamin privasi dan keamanan, karena jaringan AirFi tidak mengizinkan tamu atau pihak lain mengakses data peribadi,” katanya.

Achmad juga mengungkapkan, demi menjaga keselamatan dalam penerbangan, Batik Air mewajibkan setiap tamu untuk mematikan ponsel dan koneksi internet saat berada di dalam pesawat, lepas landas dan mendarat serta ketika pesawat dalam posisi di landas parkir (apron).

“Untuk mengakses wifi on-board, setiap tamu mengikuti beberapa langkah. Pertama, mengubah aturan (setting) ponsel ke mode pesawat atau airplane mode. Kedua, ubah dalam wifi connection pada ponsel dan pilih Batik Entertainment. Setelah berhasil, para tamu dapat menikmati wifi entertainment yang ada,” ujarnya.

Saat ini layanan penerbangan Batik Air yang telah dilengkapi WiFi sudah digunakan pada sejumlah rute yang dilayani maskapai tersebut di antaranya,
Rute Soekarno-Hatta, Tangerang – Makassar;
Rute Makassar – Sorong; Sorong – Makassar;
Rute Makassar – Surabaya;
Rute Surabaya – Makassar; Makassar – Kendari;
Rute Kendari – Soekarno-Hatta, Tangerang;
Rute Soekarno-Hatta, Tangerang – Gorontalo;
Rute Gorontalo – Soekarno-Hatta, Tangerang;
Rute Soekarno-Hatta, Tangerang – Ternate;
Rute Ternate – Soekarno-Hatta, Tangerang;
Rute Soekarno-Hatta, Tangerang – Palembang;
Rute Makassar – Palu;
Rute Palu – Makassar dan Makassar – Soekarno-Hatta, Tangerang.