Mantan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi masuk Bursa Komut PLN, Berikut Profil Lengkapnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Amien Sunaryadi tiba-tiba mecuat sebagai calon kuat untuk mengisi salah satu kursi petinggi PT PLN. Dalam beberapa waktu terakhir ini ada rumor dalam lingkungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menyebut Amien akan menduduki Komisaris Utama yang saat ini dijabat oleh Plt Ilya Avianti.

Bahkan Menteri BUMN Erick Thohir juga telah memastikan bahwa perubahan pengurus PLN akan digelar Senin 23 Desember 2019. Erick mengatakan, direksi dan komisaris PLN mengalami perubahan.

“Dirut, Komut, dan Direktur Keuangan PLN besok akan ada pergantian di mana tentu, besok ada RUPS jam 4 kalau nggak salah,” kata Erick di Jakarta Pusat, Minggu malam 22 Desember 2019.

Lantas siapakah Amien dan bagaimana profil lengkapnya?

Ia lahir di Malang, 23 Januari 1960. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sejak 21 November 2014 hingga 18 November 2018.

Namun sebelum menjabat sebagai Kepala SKK Migas, Amien lebih dikenal sebagai wakil ketua KPK periode 2003-2007. Setelah pindah dari KPK, Amien diketahui menjabat sebagai Senior Governance and Anti-Corruption Officer di World Bank Indonesia.

Ia juga pernah menjadi bagian dari Ernst & Young Indonesia di divisi Fraud Investigation & Dispute Services (FIDS) sebagai Partner sejak 2012 lalu. Selepas pensiun sebagai Kepala SKK Migas pada 18 November 2018 yang lalu, Amien diangkat sebagai Wakil Komisari Utama PT Freeport Indonesia.

Amien merupakan alumnus dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dengan lulus dari jenjang DIII pada 1982 dan DIV di tahun 1988. Dirinya juga sempat mengenyam pendidikan di College of Business Administration, Georgia State University, Atlanta.

Jenjang pendidikannya berlanjut dengan mengambil gelar Master of Professional Accountancy (MPA), program S-2 dari School of Accountancy pada College of Business Administration, Georgia State University, Atlanta di tahun 1993. Sebagai tambahan pada studi ini, dirinya memperoleh tambahan pendidikan yang luas di bidang sistem informasi dan manajemen SDM. Selain itu, Amien juga merupakan jebolan Certified Information Systems Auditor (CISA) pada tahun 1996.

Awal kariernya sendiri dimulai dengan menjadi PNS di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan pada 1982. Hingga pada tahun 2000 dirinya keluar dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Sub Direktorat Pengawasan Khusus Kelancaran Pembangunan pada Deputi Bidang Pengawasan Khusus Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Di tahun 1998, Amien juga sempat menjadi bagian dari The Corruption and Anti-Corruption Training, program pendidikan jangka pendek (satu bulan) yang diselenggarakan oleh National Center for Development Studies (NCDS) pada Australian National University di Canberra, Australia. Pendidikan ini berfokus pada analisis korupsi secara mendalam dan konsep memeranginya secara luas.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini