Mamuju, Calon Ibu Kota Negara yang Diusung JK

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Wacana pemindahan ibu kota memang sudah lama diagendakan. Namun, karena banyak persoalan hal itu masih terus dimatangkan. Banyak rekomendasi daerah diusulkan untuk dijadikan lokasi sebagai ibu kota negara.

Sebut saja Mamuju, nama daerah tersebut diusung langsung oleh Wapres Jusuf Kalla sebagai salah satu pilihan calon ibu kota baru. Dalam kajian pemindahan ibu kota negara di Istana Negara Senin 29 April 2019, Presiden Jokowi sempat menimbang masukan Wapres Jusuf Kalla (JK) terkait nama calon ibu kota negara.

“Pak Wapres silakan, tadi bisik-bisik mengusulkan Mamuju,” kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta.

Bagi traveler yang belum tahu, Mamuju merupakan nama ibu kota Kabupaten Mamuju di Sulawesi Barat. Dikumpulkan dari berbagai sumber, secara lokasi Mamuju berada di antara Palu dan Makassar yang sudah lebih dulu berkembang.

Lokasinya yang berada tepat di pinggir laut juga membuat Mamuju dianugerahi dengan banyak pantai dan pulau cantik. Contohnya seperti Pantai Manakarra yang jadi salah satu ikonnya.

Sedangkan untuk pulau cantik, ada lebih banyak lagi. Beberapa yang populer adalah Pulau Karampuang, Pulau Popoongan, Pulau Balabalakang dan masih banyak lainnya.

Terumbu karang yang ada di sana pun masih terjaga sangat baik dan indah. Pesonanya bahkan dapat disandingkan dengan Bunaken yang populer akan alam bawah lautnya.

Apabila malas snorkeling dan hanya ingin melihat pesona Mmauju, kamu bisa mampir ke perbukitan Anjoro Pitu. Dari spot tersebut, kamu bisa melihat Mamuju dari ketinggian. Termasuk berfoto di depan tulisan besar Mamuju City.

Sedangkan untuk akses, telah tersedia penerbangan udara dari Jakarta menuju Mamuju via Makassar, Mamuju juga sudah punya Bandara Tampa Padang yang jadi gerbang masuknya. Jaraknya sekitar 35 Km dari pusat Kota Mamuju.

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini