Malaysia Bakal Ikut-ikutan Indonesia Larang Mudik Lebaran

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Kasus Covid-19 yang meningkat tajam dalam lima pekan terakhir, tampaknya bakal membuat Malaysia menerapkan kebijakan yang sama seperti Indonesia, yakni melarang warganya mudik lebaran.

Menurut Menteri Kesehatan Malaysia Adham Baba, bila larangan ini disepakati, maka akan berlaku pembatasan total perjalanan dalam negeri maupun luar negeri.

“Karena kasus harian masih meningkat dan belum stabil, perjalanan antarnegara ini perlu ditunda,” kata Adham, seperti dikutip dari kantor berita Bernama, Kamis 15 April 2021.

Peningkatan kasus Covid-19 di Malaysia diduga terjadi, karena saat program vaksinisasi tengah berjalan, pemerintah Negeri Jiran mulai melakukan sejumlah pelonggaran pembatasan.

Pada Kamis 15 April, Malaysia mencatat 2.148 kasus Covid-19 baru hanya dalam sehari, tertinggi sejak 5 Maret. Lonjakan penularan corona ini juga berlangsung ketika Malaysia mendeteksi varian virus Covid-19 yang lebih menular dari Inggris.

Direktur Jenderal Kesehatan Kemenkes Malaysia, Hisham Abdullah, mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi dua kasus baru corona varian Inggris yang dikenal B.1.1.7.

Hisham mengatakan, varian baru Covid-19 itu ditemukan dari dua warga Malaysia yang belum lama ini sempat melancong ke Polandia.

Mereka dinyatakan positif corona saat tiba di Kuala Lumpur pada 30 Maret lalu. Kedua orang itu menjadikan total lima kasus corona varian Inggris yang ditemukan di Malaysia sejauh ini.

Sementara itu, dikutip Reuters, sejauh ini Malaysia tercatat memiliki total 367.977 kasus corona dengan 1.363 kematian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini