Mahfud Md Pastikan Dokumen Bukti Kasus Djoko Tjandra Aman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md memastikan bahwa dokumen dan barang bukti kasus Djoko Tjandra dan PT Asuransi Jiwasraya aman.

Hal itu ia sampaikan setelah banyak muncul spekulasi bahwa kebakaran yang terjadi di gedung Kejaksaan Agung Sabtu 22 Agustus 2020 malam sengaja dilakukan untuk menghilangkan barang bukti,

“Terkait kebakaran di gedung Kejagung, dapat diinfokan bahwa dokumen perkara aman, sehingga kelanjutan penanganan perkara takkan terlalu terganggu. Yang terbakar adalah ruang intelijen dan ruang SDM. Saya sudah bicara langsung dengan Jaksa Agung Pak ST Burhanuddin dan Jampidum Pak Fadhil Zumhana,” ujar Mahfud di akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Mahfud pun meminta masyarakat tidak berspekulasi terlalu jauh terkait kebakaran ini.

“Spekulasi juga tak perlu terlalu jauh dikembangkan. Gedung tahanan untuk para tersangka yang ditahan di Kejagung juga ada di bagian lain yang tidak terjangkau oleh api. Pengamanan sudah diperketat,” ujar Mahfud.

Sebelumnya, pengacara Razman Nasution mengatakan bahwa ada dugaan terbakaranya gedung Kejaksaan Agung RI sengaja dilakukan untuk menghilangkan dokumen dan barang bukti.

Razman mengaku tak percaya dengan pernyataan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono yang menyatakan bahwa tak ada dokumen yang terbakar.

Dia pun mengingatkan agar Gedung Mabes Polri dan KPK untuk dijaga karena bisa jadi sasaran berikutnya. Kendati demikian, ia tak menjelaskan dari mana asal dugaannya tersebut.

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin memastikan dokumen perkara aman dalam peristiwa kebakaran tersebut. “Yang utamanya, bahwa berkas-berkas perkara tidak ada di sini,” kata Sanitiar di lokasi kebakaran, Jakarta, Sabtu malam, 22 Agustus 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini