Mahfud MD Ingatkan Jaksa Jangan Mainkan Kasus Hukum

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Maraknya penangkapan jaksa yang terjerat kasus hukum sehingga membuat jelek nama intitusinya, membuat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD angkat bicara terkait masalah ini.

Dirinya mengingatkan kembali agar para penegak hukum terutama jaksa untuk kembali lagi menguatkan moralnya jangan terjebak dalam praktik industri hukum.

“Saya bisa membuat pasal ini untuk membuat orang yang salah jadi tidak salah, saya bisa menghukum orang ini padahal tidak salah, saya bisa cari buktinya. Itu adalah praktik industri hukum dan masyarakat sekarang sudah kritis. Sudah tidak bisa dibohongi, kita harus transparan dan akuntabel,” ujar Mahfud, Rabu 16 September 2020.

Mahfud tetap optimistis terhadap jajaran Adyaksa karena situasi saat ini penegak hukum sudah tidak bisa menghindar lagi. “Iklim keterbukaan informasi dan masyarakat makin kritis,” katanya.

Apalagi citra atau kesan penegakan hukum di masyarakat sudah jelek sehingga perlu disikapi dengan menjaga moralitas.

“Saya tidak bisa melakukan apa-apa, Presiden tidak bisa melakukan apa-apa, karena semua punya batasan kewenangan. Karena itu perlunya pembinaan dan moralitas,” kata Mahfud.

Menko Polhukam menyampaikan hal tersebut dalam dalam Rapat Kerja Teknis Bidang Pidana Umum Kejaksaan Agung yang diselenggarakan daring.

Rakernis tersebut dihadiri 626 peserta, termasuk Jaksa Agung, Wakil Jaksa Agung, para Jaksa Agung Muda, para kepala kejaksaan tinggi, asisten tindak pidana umum, dan para kepala kejaksaan negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini