Mahfud Kunjungi DPR, Nasib RUU HIP Ditentukan Hari Ini?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nasib Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) sepertinya bakal ditentukan hari ini, Kamis 16 Juli 2020.

Kabarnya, rombongan pemerintah yang berisikan Menko Polhukam Mahfud MD, Menkumham Yasonna Laoly, Mendagri Tito Karnavian, dan Wamen Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono bergerak menuju DPR RI.

Kedatangan mereka mewakili Presiden Joko Widodo untuk menyatakan sikap secara resmi terkait RUU HIP yang hingga kini menimbulkan polemik di masyarakat.

Rencananya, rombongan menteri itu akan tiba di Senayan pukul 11.00 WIB. Mahfud menyatakan sebelumnya, bahwa pemerintah telah menyerahkan surat resmi untuk agenda pertemuan tersebut dengan DPR.

“Posisi pemerintah ini tetap sampai sekarang. Tetapi karena itu baru diumumkan publik dan dikomunikasikan secara politis ke DPR, maka pemerintah akan menyampaikannya secara resmi, secara fisik dalam bentuk surat, menteri yang akan ke situ mewakili Presiden Republik Indonesia,” kata Menko Polhukam Mahfud, Rabu 15 Juli 2020.

“Sehingga nanti silakan DPR mau dibawa ke proses legislasi apa, apa ke Prolegnas atau apa. Tetapi pemerintah tetap menyatakan sikap seperti itu. Satu prosedur, yang minta mendengar aspirasi masyarakat. Yang kedua subtansi,” ujarnya.

Mahfud menegaskan, pemerintah tak bisa asal-asalan mencabut RUU tersebut tanpa ada proses legislasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini