Macron Minta Eropa Tingkatkan Keamanan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Prancis, Emmanuel Macron menegaskan akan meningkatkan sistem keamanan negaranya dengan menambah jumlah pasukan keamanan, baik itu tentara ataupun polisi di sepanjang wilayah perbatasan.

Ia juga meminta Eropa meninjau ulang perbatasan terbuka di dalam wilayah Schengen. Langkah ini ditempuh Macron menyusul rentetan serangan yang terjadi di Prancis dan Austria.

Menurutnya, kontrol lebih ketat diperlukan guna membatasi imigrasi klandestin. Macron menilai, geng kriminal yang secara ilegal memperdagangkan migran ke Eropa seringkali dikaitkan dengan jaringan teror.

“Saya mendukung perombakan dalam Schengen untuk memikirkan kembali organisasinya dan untuk memperkuat keamanan perbatasan bersama kami dengan pasukan perbatasan yang tepat,” tutur Macron, melansir Reuters, Jumat, 6 November 2020.

Macron akan mempresentasikan proposal kepada mitra Uni Eropa pada pertemuan puncak, Desember mendatang. Prancis akan menggalang dukungan dan berharap Jerman turut dalam rencana tersebut.

Eropa dikejutkan dengan dua serangan dalam sepekan terakhir, yang melibatkan pelaku penyerangan bergerak bebas di dalam negara-negara anggota Schengen.

Pada 29 Oktober, seorang pemuda Tunisia membunuh tiga orang di Gereja Notre-Dame Bassilica di Kota Nice. Beberapa hari berselang, terjadi penembakan terhadap seorang Pastor Ortodoks asal Yunani ketika sedang menutup gereja di Kota Lyon.

Terbaru, serangan terjadi di jantung Kota Wina, Austria. Seorang pria bersenjata melepaskan peluru kepada orang-orang yang berada di depan restoran dan pub. Akibat insiden tersebut, empat orang dinyatakan tewas dan 22 orang lain mengalami luka-luka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini