Lulus Passing Grade SKD, Belum Tentu lolos CPNS Lho, Kenapa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS formasi 2019 masih bergulir. Sesuai Peraturan Menteri PANRB nomor 24 tahun 2019, agar bisa dikatakan lulus passing grade (PG) SKD, maka seorang pelamar harus memenuhi ambang batas nilai yang telah ditentukan.

Namun, ternyata peserta SKD yang sukses lampaui PG, tidak bisa serta merta bisa ikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) lho. Kenapa begitu?

Menurut Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Paryono, hasil SKD masih akan diolah lantaran setiap formasi tidak hanya dilamar dari satu titik lokasi semata, tapi ada juga dari lokasi yang berbeda.

Selain itu dalam pemeringkatan nilai SKD juga harus menyertakan hasil SKD peserta P1/TL (peserta seleksi CPNS 2018 yang memenuhi PG SKD dan masuk dalam 3 kali formasi jabatan yang dilamar untuk mengikuti SKB tahun 2018 namun dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir).

“Tahap pengolahan data akan dilanjutkan dengan tahap rekonsiliasi data hasil SKD yang melibatkan instansi penyelenggara SKD dan BKN,” ujar Paryono dalam keterangan resminya, Senin 3 Februari 2020.

Kemudian, hasil rekonsiliasi tersebut akan diajukan kepada Kepala BKN untuk mendapat approval dan digital signature (DS) yang dilakukan by system pada portal SSCASN.

Selanjutnya, hasil SKD seluruh peserta seleksi akan disampaikan Kepala BKN, selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas kepada PPK masing-masing instansi melalui portal SSCASN dan admin instansi dapat mengunduh hasil SKD tersebut.

“Setelah itu, Ketua Panitia Seleksi Instansi akan menetapkan pengumuman hasil/kelulusan SKD dan menyampaikannya kepada publik,” kata Paryono.

“Rangkaian tahapan yang harus dilalui sebelum penetapan hasil kelulusan SKD, menjadi alasan tidak dapat ditampilkannya pernyataan kelulusan SKD pada layar nilai peserta SKD,” ujarnya lebih lanjut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini