Luhut: Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 14 Juta, Wajar Eksklusif

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pulau Komodo di dapuk menjadi Kawasan wisata elit, dimana wisatawan yang masuk menjadi terseleksi demi menjaga kelestarian pulau kadal purba tersebut.

Rumor beredar harga tiket masuk pulau Komodo mencapai Rp 14 juta untuk satu membership premium. Ketika ditanyakan ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku menyerahkan hal tersebut ke pengelolanya.

Luhut tak ingin dirinya malah dianggap penentu tarif dengan berseloroh menyebut istilah ‘Menko Atur Tarif’.

Dirinya mengatakan harga tiket yang dibuat mahal karena wisata tersebut eksklusif. Dia mencontohkan tempat serupa di Kenya yang harga tiket masuknya mencapai 3.500 US dolar.

“Kalau kita bikin eksklusif ya pasti mahal. Kayak Safari di Kenya orang datang 3.500 US dolar satu malam aja ada,” katanya.

Sebelumnya, Luhut pernah mengatakan bisa saja tiket masuk Pulau Komodo dipatok hingga 1.000 US dollar untuk membership tahunan. Artinya, bila dirupiahkan tiketnya bisa Rp 14 juta per tahun

“Perusahaan A dari filantropis misalnya beli tiketnya 1.000 US dolar, kita siapkan 50.000, itu US$ 50 juta dolar sudah bisa pemeliharaan Pulau Komodo tetap jadi world heritage,” katanya.

Namun, jangan khawatir bagi yang mau mengunjungi Taman Nasional Komodo, masih ada pulau di samping Pulau Komodo yang bisa dikunjungi. “Masih ada Pulau Rinja itu ada komodo juga, kalau itu bebas,” katanya.

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini