Sadio Mane
Sadio Mane

MINEWS, INTERNASIONAL – Sadio Mane menunjukkan taji tajam saat bermain membela negaranya. Ia menjadi pahlawan dengan membawa Senegal lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2019.

Mane mencetak dua gol saat menumbangkan Kenya dengan skor 3-0 di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup C di 30 June Stadium, Kairo, Mesir, Selasa 2 Juli 2019 dini hari WIB.

Pertandingan berjalan dengan Senegal menguasai lapangan. Namun, sampai pluit babak pertama kelar, tak ada gol tercipta. Barulah pada babak kedua, di menit ke-63 Sarr mencetak gol pertama untuk Senegal.

Delapan menit setelah gol Sarr, Senegal melancarkan serangan balik usai mengantisipasi sepak pojok Kenya. Sebuah umpan jauh Gassama berhasil diamankan oleh Mane yang merangsek hingga ke tepian kotak penalti sebelum menaklukkan Matasi dan menggandakan keunggulan Senegal 2-0.

Pada menit ke-76, Philemon Otieno menjatuhkan Sarr di dalam kotak penalti. Otieno menerima kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan oleh wasit Ghead Grisha, Senegal memperoleh hadiah tendangan penalti.

Mane sukses menaklukkan Matasi untuk memperbesar keunggulan Senegal 3-0. Kemenangan 3-0 menempatkan Senegal di urutan kedua klasemen akhir Grup C dengan koleksi enam poin di bawah Aljazair yang mengamankan sembilan poin penuh. Keduanya lolos ke babak 16 besar.

Di babak 16 besar Senegal akan bertemu runner up Grup A Uganda dalam pertandingan di Stadion Internasional Kairo pada Sabtu 6 Juni 2019 dini hari WIB.