Lolos Dengan Nilai Tertinggi, CPNS Ini Punya Lima Tips Umum Buat Sukses Saat Seleksi

Baca Juga

MINEWS.ID, PONTIANAK – Seorang dosen muda yang lulus seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan nilai tertinggi tahun lalu, berbagi tips supaya masyarakat yang berminat bisa menjadi abdi negara seperti dirinya.

Dosen Politeknik Negeri Pontianak bernama Herianto itu kini rajin menjadi pembicara pada pelatihan-pelatihan seleksi CPNS.

“Tentu, apa yang saya sampaikan berdasarkan pengalaman dan informasi lainnya yang saya dapat dan dibuktikan di lapangan,” ujarnya di Pontianak, Rabu 9 Oktober 2019.

Tetapi secara umum ada beberapa pola yang mirip sehingga bisa dipelajari metode kelulusannya. Herianto menjelaskan bahwa tes CPNS ada tiga bidang yang diujikan yakni bidang Tes lntelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Ketepatan dan Kecepatan

Ketepatan dan kecepatan diperlukan agar mencapai ambang batas yang ditentukan. Intinya jawaban harus benar dan sesuai waktu yang ditetapkan.

Sering latihan

Untuk lulus pada soal TIU, setiap calon yang ikut CPNS harus sering latihan karena metode yang dipelajari banyak. Dari soal tes yang ada polanya hampir mirip.

Peserta memang dituntut untuk latihan dan baca serta amati pola pertanyaan dan jawaban dari soal sebelumnya atau prediksi soal yang ada. Dari soal tes yang ada polanya hampir mirip.

 

Kuasai Pancasila dan Undang-undang dalam Penerapan Sehari-hari

Sedangkan TWK harus menguasai makna Pancasila dan Undang-undang serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari.

Tidak bisa dipungkiri pada seleksi ini, para peserta juga harus banyak membaca untuk memahami makna Pancasila dan undang-undang serta harus pandai menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

Ubah Pola Pikir Jadi ASN Berintegritas

Pada tes TKP, peserta harus mengubah pola pikir dan memosisikan diri sebagai ASN yang harus dituntut berintegritas, profesional dan mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi.

 

Tulus, Sabar dan Pintar

Dalam setiap mengikuti proses tes harus mengutamakan sifat tulus, sabar dan pintar serta terus berusaha.

Itu gambaran secara umum agar peserta rekrutmen CPNS berhasil lolos. Untuk bisa mencapai hal tersebut, masing-masing orang memiliki strategi masing-masing.

Ingat pengumuman rekrutmen CPNS akan dibuka akhir bulan ini dan pelaksanaan seleksi akan berlangsung November 2019.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini