Literasi Digital, Upaya ISED Mengedukasi Publik Soal Inovasi Sosial dan Ekonomi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pengetahuan dan pemahaman terkait inovasi-inovasi di bidang sosial dan ekonomi yang berbasis digital perlu disebarluaskan kepada kalayak ramai. Upaya tersebut menjadi salah satu titik perhatian dari Institute for Social, Economic, and Digital (ISED).

Founder ISED Prof. Dr Sri Adiningsih mengatakan, diskusi ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

“Masyarakat perlu mengetahui soal perkembangan di bidang sosial maupun ekonomi di era digital ini,” ujarnya dalam diskusi yang digelar di Kawasan Sarinah, Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.

Senada, Direktur ISED Julie Trisnadewani mengatakan, diskusi ini sebagai wujud partisipasi ISED untuk membantu pemerintah dalam memberikan literasi dan edukasi tentang pemanfaatan digital kepada masyarakat.

“Jadi kita lebih konsen ke literasi digital. Literasi digital yang perlu kita dorong untuk membantu lebih banyak lagi. Jadi tidak cukup pemerintah saja, tapi kita juga harus turut berperan serta sebagai bagian dari masyarakat. Semua lembaga juga bersinergi,” katanya.

Kata Julie, ISED fokus mendorong literasi digital agar dimanfaatkan secara bijak dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang sosial ekonomi.

Sasaran utama ISED memberikan literasi dan edukasi digital adalah terhadap masyarakat di berbagai pelosok daerah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan dengan masyarakat di kota-kota besar.

“Karena kalau kan di kota-kota besar seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota besar lainnya perkembangannya itu pesat sekali (di dunia digital), sementara di pelosok, daerah kayak di pulau-pulau sinyal saja belum dapat dan mereka baru banget pakai media digital, smartphone dan lain-lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, ISED berusaha memberikan edukasi dan literasi dengan memanfaatkan media digital itu untuk mengurangi kesenjangan. “Kalau kita diam saja, maka kesenjangan akan terus meningkat baik kesenjangan secara pengetahuan ekonomi,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini