Listyo Larang Polantas Menilang, Begini Kata Ketua ITW

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Listyo Sigit telah menyatakan bahwa akan mengusulkan pelarangan terhadap penilangan anggota Polri di jalan raya. Mendengar hal ini, Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan meminta Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk memperkuat sarana dan prasarana terlebih dulu.

“Rencana itu bukan pekerjaan mudah seperti mengucapkannya. Sebelum menerapkan kebijakan tersebut harus lebih dulu memastikan kesiapan internal. Termasuk mental dan perilaku seluruh anggota Polantas hingga kesiapan sarana prasarana yang masih membutuhkan perbaikan dan kelengkapan,” kata Edison, Kamis 21 Januari 2021.

Ia berharap inisiasi usulan Listyo tidak hanya berakhir sebagai wacana karena e-tilang masih perlu pembenahan hingga saat ini.

“Agar rencana atau program yang disampaikan tidak seperti mendayung perahu di daratan. Sebab sistem E-tilang yang sekarang sudah diterapkan di Jakarta masih kurang efektif bahkan kerap menimbulkan permasalahan dan merugikan pemilik kendaraan,” ujar Edison.

Permasalahan yang timbul meliputi pemilik kendaraan yang kesulitan membayar pajak kendaraan bermotor atau PKB tahunan. Pemilik tidak menerma surat pemberitahuan terlebih dulu.

Maka langkah awal yang penting adalah dengan membenahi sarana dan prasarana terlebih dulu. Salah satunya adalah mengoptimalkan penggunaan e-tilang.

Namun Polri tidak bisa melakukannya sendiri, perlu keterlibatan stakeholder terkait untuk memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini