Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah meminta, masyarakat tidak memanfaatkan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pekan depan dengan bepergian ke luar kota pada waktu puncak, yakni Selasa 27 Oktober hingga Rabu 28 Oktober 2020.

“Saya imbau, tidak berangkat tanggal 27 malam atau 28, karena itu puncak mudik atau perjalanan masyarakat,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu 21 Oktober 2020.

Ia menjelaskan, pada waktu puncak, bila masyarakat memanfaatkan libur untuk rekreasi, dikhawatirkan akan terjadi penumpukan dan kemacetan, yang berisiko penularan Covid-19.

Menhub juga telah mengidentifikasi tiga titik yang diprediksi mengalami kemacetan, utamanya dari arah Jakarta. Ketiga titik itu yakni jalur darat ke arah timur, di kapal ke arah Sumatera, dan di bandara.

Upaya antisipasi lain yang dilakukan dalam persiapan libur panjang yakni memastikan ketaatan operator transportasi terhadap penerapan protokol kesehatan. Menurut Budi, operator transportasi ada pihak yang menjalankan peran penting dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here