Lembaga Eijkman: Vaksin Sinovac Penuhi Syarat Aman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksin Covid19 dari Sinovac memenuhi persyaratan keamanan karena lolos uji klinis fase 1 dan 2. Sekarang posisinya adalah sedang diteliti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Menurut Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio, BPOM di setiap negara juga terikat pada satu standar. Mereka harus saling berkomunikasi juga dengan BPOM di seluruh negara soal suatu produk termasuk vaksin.

“Kalau misalnya suatu negara sudah menerbitkan izin misalnya untuk produknya tentu akan ditanya-tanya lagi berdasarkan apa saja, jadi antar BPOM akan saling berkomunikasi,” ujar Amin di Jakarta, Kamis 26 November 2020.

Selain itu, seperti dilansir Antaranews masing-masing otoritas setempat di setiap negara juga berkomunikasi dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk memastikan keamanan vaksin tersebut.

Jika hasilnya dapat diterima dan terbukti secara ilmiah maka WHO juga memberikan persetujuan.

Saat ini, masih berlangsung uji klinis fase 3 vaksin Sinovac di Bandung, Jawa Barat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Putusan Sidang MK, Aktifis Budaya Jawa Turut Aktif Menyoroti

Mata Indonesia, Yogyakarta - Proses persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) terus bergulir namun dinilai sarat keberpihakan. Hal tersebut terlihat dari pemohon yang tidak diperkenankan bertanya kepada para Menteri untuk memperkuat bukti dari dalil yang diajukan dan yang boleh bertanya hanyalah Hakim.
- Advertisement -

Baca berita yang ini