Leg I Final Piala AFF 2020: Thailand Bantai Indonesia 4-0

Baca Juga

MATA INDONESIA, SINGAPURA – Peluang Indonesia untuk menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya sangat tipis setelah pada leg pertama kalah telak 0-4 dari Thailand.

Bertanding di National Stadium, Rabu 29 Desember 2021 malam WIB, empat gol Thailand dicetak Chanatip Songkrasin (2), Supachok Saracat, dan Bordin Phala. Leg kedua digelar pada 1 Januari 2022 di tempat yang sama.

Jalannya pertandingan

Thailand unggul cepat di menit kedua. Memanfaatkan umpan pendek Philip Roller, tendangan dilepaskan Chanatip Songkrasin yang membuat kiper Nadeo mati langkah.

Menit ke-13, Thailand hampir menggandakan skor. Menerima umpan silang dari sayap, Bordin Phala melepaskan tendangan voli dari kotak penalti. Beruntung bagi Indonesia, Asnawi menghalau bola di garis gawang.

Thailand mengancam gawang Indonesia lagi di menit ke-21. Tendangan bebas dilepaskan Bordin Phala, tapi arah bola masih melambung di atas mistar.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan Thailand ke pertahanan Indonesia. Aksi Bordin Phala di menit ke-28 hampir mengoyak gawang Nadeo. Dia melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti yang disambut tendangan dari Teerasil Dangda. Beruntung bagi Indonesia, arah bola melenceng jauh.

Indonesia baru bisa mengancam gawang Thailand di menit ke-36. Aksi Ricky Kambuaya di luar kotak penalti diakhiri dengan umpan pendek ke Asnawi. Pemain Ansan Greeners itu melepaskan tendangan yang arah bolanya melenceng jauh di kiri gawang.

Peluang emas didapat Indonesia di menit ke-41. Serangan balik cepat dilakukan Ricky Kambuaya. Bola diumpan ke Witan yang langsung mengirmkan umpan silang mendatar ke kotak penalti. Berdiri bebas di kotak penalti, bola hasil sepakan Dewangga malah melambung tinggi di atas mistar. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Babak kedua baru berjalan tujuh menit, Thailand mampu mencetak gol kedua. Diawali serangan balik cepat, Supachok membuat lini belakang Indonesia kocar-kacir. Di dalam kotak penalti, Supachok memberikan bola ke Chanatip yang langsung menendang bola ke gawang dan gagal dibendung Nadeo.

Indonesia mendapat peluang bagus memperkecil skor di menit ke-62. Menerima umpan terobosan Ricky Kambuaya, Irfan Jaya gagal mencetak gol saat tinggal berhadapan dengan kiper. Bola hasil tendangannya dihentikan dengan kaki oleh kiper Thailand.

Thailand mencetak gol ketiga di menit ke-67. Serangan rapi yang dibangun Thailand merusak konsentrasi lini belakang Indonesia. Tendangan jarak jauh yang dilepaskan Supachok mengoyak gawang skuat Garuda.

Dengan keunggulan 3-0, pemain Thailand bermain lebih nyaman dan santai. Mereka tetap menguasai jalannya pertandingan, sedangkan pemain Indonesia kesulitan merebut bola dari penguasaan lawan.

Thailand mencetak gol keempat di menit ke-83. Tendangan Bordin Phala dari dalam kotak penalti mengarah ke pojok gawang Indonesia yang dikawal Nadeo. Skor 4-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain

Indonesia: 1 Nadeo Argawinata; 14 Asnawi Mangkualam, 19 Fachruddin Aryanto, 28 Alfeandra Dewangga, 5 Rizky Ridho, 3 Edo Febriansyah; 19 Rachmat Irianto, 15 Ricky Kambuaya, 8 Witan Sulaeman, 27 Dedik Setiawan; 25 Irfan Jaya

Thailand: 23 Sirawak Tedsungnoen, 5 Yusef Elias Dolah, 13 Philip Poller, 19 Tristan Do, 16 Phitiwat Sookkjtthmmakul, 11 Bordin Phala, 7 Supachok Saracat, 18 Chanathip Songkrasin, 26 Kritsana Kaman, 27 Weerathep Pomphun, 10 Teerasil Dangda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini