Lebih 370 Ribu Orang Terdampak Luapan Sungai Kali Paruk Banyumas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyebut, ada sekitar 371.632 orang terdampak luapan Sungai Kali Paruk, Banyumas pada Rabu, 27 Januari 2021.

Jumlah korban terdampak itu tersebar di 25 kecamatan, dengan tingkat risiko banjir sedang hingga tinggi, dan luas wilayah mencapai 25.279 hektar, menurut hasil kajian InaRisk.

“BPBD Kabupaten Banyumas telah menurunkan personel untuk melakukan pendataan terkait kemungkinan adanya korban jiwa dan jumlah rumah warga yang terdampak,” kata Raditya dalam keterangan resmi.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Provinsi Jawa Tengah, berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, khususnya Kabupaten Banyumas.

Raditya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang berlangsung di beberapa wilayah hingga akhir Februari 2021.

“Masyarakat dapat memantau prakiraan cuaca melalui laman BMKG dan mengetahui risiko bahaya wilayahnya melalui laman Inarisk,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini