Lawan Deklarasi Benny Wenda, DPR Tegaskan NKRI Harga Mati

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menegaskan, NKRI tak dapat dipisahkan oleh siapapun dan sudah merupakan harga mati yang tak bisa lagi ditawar-tawar.

Pernyataan Azis ini adalah bentuk respons atas klaim sepihak Benny Wenda, yang menyatakan diri sebagai presiden sementara Republik Papua Barat.

“Benny Wenda ini tidak paham Pancasila, yang menjadi dasar pemersatu bangsa. Dalam konsep Pancasila inilah Papua maupun Papua Barat merupakan inti dari kerangka NKRI. Dunia internasional pun mengakui wilayah NKRI secara utuh. Ini final and binding. NKRI harga mati,” kata Azis di Jakarta, Rabu 2 Desember 2020.

Ia berkata, NKRI tak mungkin memisahkan Papua dan Papua Barat sebagai bagian di dalamnya.

Azis pun menyarankan, agar Benny lebih baik fokus pada memperjuangkan nilai demokrasi, serta memahami Pancasila dengan baik.

Bagi Azis, langkah Benny mendeklarasikan kemerdekaan dan diri sebagai presiden sementara dalam pemerintahan sementara Papua tidak terpuji dan tidak memiliki dasar yang jelas.

“Klaim sepihak seperti ini kita kutuk secara tegas dan juga bagi yang mendukung kita akan tindak secara tegas,” ujarnya.

“Kita semua sama dari Sabang sampai Merauke, kita semua bagian dari Indonesia dan saling menghormati, rukun dan hidup berdampingan. Itu lah Indonesia. Untuk memahami ini, perlu berada di Indonesia, tidak bisa asal main klaim dari luar negeri.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini