Lawan Corona, Prancis Jual 3 Halaman Komik Asterix untuk Bantu Rumah Sakit

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah Perancis berencana menjual koleksi perabot antiknya untuk mendukung rumah sakit dalam memerangi wabah virus corona.

Sekitar 100 koleksi dari abad ke-19, terutama dari masa pemerintahan Lois-Philippe I, akan dilelang melalui Mobilier Nasional, agen layanan nasional Prancis yang mengurus perabot dan benda-benda di kediaman kerajaan.

Seperti diberitakan The Guardian, agenda lelang akan dilakukan pada 20 hingga 21 September mendatang, bertepatan dengan hari Journee du Patrimoine.

Karya yang akan dilelang mencakup lima halaman asli dari Bandes Dessinees karya Uderzo, tiga halaman dari buku komik Asterix, karya terkenal dari Uderzo dan Rene Goscinny, serta dua halaman dari buku cerita lain.

Halaman buku Asterix dari buku La Galere d’Obelix (Asteriz and Obelix All At The Sea), Asterix et Latraviata (Asterix and the Actress), dan La Roes et Le Glaive (Asterix and the Secret Weapon, diestimasikan memiliki harga 80 ribu hingga 120 ribu dolar Prancis atau setara dengan Rp 1,3-1,9 miliar.

Lelang gambar karya co-creator Asterix, Albert Uderzo, akan diselenggarakan oleh Artcurial akan digelar pada 26 Mei mendatang.

Nantinya, hasil penjualan akan disumbangkan ke Yayasan Rumah Sakit Paris dan Rumah Sakit Perancis, yang berada di bawah pimpinan ibu negara, Brigitte Macron.

Direktur Mobilier National, Herve Lemoine mengatakan beragam perabot yang akan dijual merupakan barang yang memiliki sedikit nilai warisan dan belum pernah digunakan oleh siapapun.

Lemoine juga menambahkan, kurator akan berusaha sebaik mungkin dalam melakukan kurasi sehingga benda yang dijual tidak menyianyiakan harta kerajaan yang berharga demi keuntungan.

Untuk mendukung pengrajin dan pembuat seni tradisional Prancis saat pandemi, Mobilier National yang diawasi oleh Kementerian Kebudayaan Perancis, akan memberikan penugasan terkait proyek restorasi dan membentuk komite akuisisi khusus yang dapat digunakan sebagai ruang bertukar pikiran dan proyek para pengrajin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini