Laut Cina Selatan Jadi Perhatian Khusus Prabowo di Forum Menhan Se-ASEAN

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyoroti stabilitas keamanan di Laut Cina Selatan hingga Semenanjung Korea.

Disampaikan Prabowo dalam forum Menhan se-ASEAN di Bangkok, Thailand, banyak isu, ancaman hingga tantangan yang harus dihadapi negara-negara kawasan saat ini, mulai dari tradisional sampai non-tradisional, juga terorisme serta penyelundupan senjata dan pencurian sumber daya alam.

“Perkembangan keamanan di kawasan juga diwarnai pasang-surut kekuatan-kekuatan besar, isu Laut China Selatan dan Semenanjung Korea yang berimbas pada stabilitas keamanan di kawasan,” kata Prabowo.

ADMM Plus merupakan forum pertemuan Menteri Pertahanan negara-negara ASEAN ditambah Menteri Pertahanan dari delapan negara mitra wicara, yakni Amerika Serikat, Australia, China, India, Jepang, Korea, Selandia Baru, dan Rusia.

Terkait isu LCS, Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia mengapresiasi perkembangan positif terkait dengan LCS, khususnya kesepakatan untuk finalisasi Code of Conduct (CoC). Sengketa LCS, menurutnya, harus didorong bersama untuk dijaga stabilitasnya agar tidak mengganggu jalur komunikasi dan perdagangan.

Sementara itu, perkembangan permasalahan Korea Utara juga menunjukkan perkembangan positif dengan membaiknya komunikasi dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, serta penanganan Rakhine State di Myanmar yang lebih baik.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini