Laporan Intelijen, KKSB Bakal Ganggu Freeport di HUT RI ke-74

Baca Juga

MINEWS, TIMIKA – Keamanan di area pertambangan PT Freeport Indonesia di wilayah Distrik Tembagapura diperketat jelang HUT ke-74 Republik Indonesia, 17 Agustus 2019 mendatang. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi potensi ancaman gangguan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata/KKSB.

Pengamanan itu nantinya akan dilakukan jajaran TNI bersama Polri. Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan mengatakan, berdasarkan laporan intelijen ada indikasi pergerakan KKSB menuju wilayah Tembagapura untuk mengganggu pelaksanaan perayaan HUT RI.

“TNI dan Polri tentu harus mengantisipasi jangan sampai perayaan HUT ke-74 RI tahun ini diciderai oleh aksi mereka-mereka yang tidak bertanggung jawab. Pada prinsipnya kami siap mengoptimalkan pos-pos yang sudah tergelar, kemudian anggota juga akan bergerak untuk menutup ruang gerak mereka,” kata Letkol Nainggolan di Timika, Sabtu 10 Agustus 2019.

Kata dia, antisipasi keamanan tidak hanya terbatas di area operasi pertambangan PT Freeport Indonesia. Tetapi juga di wilayah Kota Timika dan sekitarnya.

Meski begitu, diakuinya jajaran TNI dan Polri tidak akan mempertebal pengamanan di wilayah Tembagapura dan sekitarnya.

“Kami hanya mengoptimalkan pasukan yang sudah ada, tentu teknis dan taktisnya akan diatur secara baik dengan mengacu pada perkembangan situasi yang terjadi ke depan,” kata dia.

Dandim mengatakan jalur klasik pergerakan KKSB ke wilayah Tembagapura selama ini melalui dua rute yaitu Ilaga-Aroanop hingga Banti dan rute Ilaga-Jila-Tsinga hingga pegunungan Grasberg.

Aparat keamanan juga mengantisipasi dibukanya rute-rute baru oleh KKSB untuk mencapai wilayah Tembagapura.

Dandim meyakini KKSB tidak akan menjadikan wilayah Kota Timika dan sekitarnya sebagai medan pertempuran dengan prajurit TNI dan Polri.

Timika, katanya, selama ini dijadikan area penyelaman oleh KKSB untuk mendapatkan suplai logistik, anggaran, amunisi dan transaksi yang lain sekaligus sebagai tempat transit.

Pihaknya pun meminta warga tetap tenang dan tidak perlu mengkhawatirkan gangguan oleh KKSB. Sebab aparat TNI dan Polri di wilayah itu siap memberikan jaminan rasa aman kepada seluruh warga masyarakat.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini