LAPAN: Pekan Ini Hujan Diprediksi Meningkat, Jakarta Berpotensi Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Peneliti klimatologi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung, Erma Yulihastin mengatakan, puncak musim hujan di Indonesia bakal terjadi antara 21-31 Januari 2021. Untuk wilayah DKI Jakarta berpotensi dua kali hujan dalam sehari.

“Kondisi ini patut diwaspadai karena selain hujan yang bersifat lokal, Jakarta juga berpotensi terancam aliran air dari Bogor dan sekitarnya,” kata dia, Rabu, 27 Januari 2021.

Prediksi cuaca dan potensi banjir Jakarta itu terungkap dalam diskusi terbatas yang dihadiri para ahli meteorologi dan klimatologi dari beberapa instansi seperti BMKG, LAPAN, ITB, pada rapat koordinasi BPBD Jakarta pekan lalu.

Di wilayah Jawa bagian barat, kata Erma, hujan sore hari bakal terjadi secara konsisten setiap hari di kawasan Bogor dan sekitarnya, lalu mengalami pergerakan menuju ke utara hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya pada sore hingga malam hari.

Hujan itu berasal dari suplai kelembapan dari arah selatan dan barat dari pergerakan hujan asal kawasan Serang di Banten.

Jakarta juga mengalami hujan dinihari hingga pagi hari yang dipengaruhi oleh konveksi dari laut Jawa dan Selat Sunda pada 29 Januari 2021. Hujan dinihari itu secara konsisten berpotensi berlanjut hingga akhir bulan.

Hujan itu seiring dengan penguatan angin utara dan angin barat akibat pertumbuhan dua depresi tropis yang berpotensi menjadi SiklonTropis di Benua Australia.

“Pihak terkait agar menpersiapkan diri terhadap risiko banjir yang dapat terjadi di ibu kota Jakarta,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini