Lapan Pastikan Asteroid 1997 BQ Lintasi Bumi, Bersiaplah!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Asteroid 1997 BQ atau 136795 dipastikan akan melintasi Bumi pada Jumat 22 Mei 2020 pada jarak 6,16 juta kilometer.

Informasi ini telah dikonfirmasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), yang menyebut, meski melintasi Bumi, namun tak akan berdampak secara langsung karena jaraknya terbilang aman.

“Jarak papasan dekatnya mencapai 16 kali jarak Bumi-Bulan, jadi masih dapat dikatakan aman, tidak akan berdampak,” kata peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni, Kamis 21 Mei 2020.

Emanuel menjelaskan, asteroid raksasa itu berukuran sekitar 1,5 kilometer. Dengan ukuran seperti itu, maka benda langit tersebut tergolong jenis Asteroid Apollo kelas spektral S serta Asteroid Berpotensi Berbahaya.

Meski aman, namun asteroid itu tetap saja wajib untuk diawasi pergerakannya, apalagi lintasannya dekat dengan Bumi yang dihuni miliaran manusia.

Ia menyebut, besaran dampak yang ditimbulkan asteroid jika menabrak Bumi sangat bergantung pada ukuran besarannya.

Emanuel mengatakan jika ada asteroid yang begitu besar menabrak Bumi, maka dampaknya bisa sampai menyebabkan kepunahan, seperti yang terjadi pada era Dinosaurus, jutaan tahun lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini