Lahir di Bulan yang Sama, Ini 4 Kemiripan Jokowi dan Soekarno

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap Presiden Jokowi berulang tahun, kita selalu bertanya-tanya, mengapa bisa sama dengan tanggal wafatnya Presiden Soekarno yaitu 21 Juni?

Soekarno Wafat 21 Juni 1970, sedangkan Jokowi lahir 21 Juni 1961. Maka banyak yang mencari kemiripan dua orang berbeda generasi tersebut, termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang melihat ada kesamaan gestur saat Sukarno dan Jokowi bertemu anak-anak.

“Saya lihat fotonya, luar biasa. Saya rasakan mirip-mirip juga dengan Pak Jokowi baik itu foto bareng dengan anak-anak riuh rendah dan seterusnya,” ujar Pratikno di Gedung Kemsetneg, Selasa 22 Agustus 2017 saat melihat foto Sukarno bersama anak-anak.

Ternyata bukan cuma dua hal itu yang menjadi kesamaan Soekarno dan Jokowi. Berikut di antaranya;

1. Bulan kelahiran

Sama-sama lahir di bulan Juni. Jokowi lahir pada 21 Juni 1961, sementara itu Soekarno 6 Juni 1901.

2. Tanah kelahiran

Jokowi lahir di Surakarta, sedangkan Soekarno di Surabaya. Keduanya lahir di tanah Jawa di kota yang huruf awalnya S.

3. Zodiak dan Shio

Keduanya memiliki zodiak yang sama yaitu Gemini. Ternyatab shio mereka juga serupa yaitu kerbau berunsur logam.

4. Senang blusukan

Baik Soekarno maupun Jokowi senang blusukan dan agak mengabaikan protokol istana. Setidaknya Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga putrinya, Megawati Soekarnoputri, mengungkapkan kebiasaan itu terutama saat ayahnya memeriksa proyek-proyek pembangunan karena Soekarno adalah seorang arsitek.

Jokowi juga sering sekali melakukannya. Namun dia tidak hanya melihat proyek pembangunan tetapi kondisi langsung warganya, seperti dilakukan di sebuah kampung kumuh di Bogor. Tujuannya untuk mengetahui kondisi warga yang terdampak PSBB covid19.

Itu lah beberapa kesamaan Jokowi dan Soekarno sehingga mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sering dijuluki titisan Bung Karno.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini