Lagi! WNA Positif Covid-19 Setelah Kunjungi Indonesia, Kali Ini Asal Jepang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JEPANG – Seorang Warga Negara (WN) Jepang dinyatakan positif mengidap penyakit virus corona baru (COVID-19). Ia dilaporkan baru mengunjungi Indonesia.

Menurut laporan NHK, pemerintah metropolitan Tokyo mengumumkan pada hari Sabtu, 23 Februari 2020, pria yang diketahui seorang penduduk Tokyo berusia 60-an, telah terinfeksi oleh virus corona baru.

Pria tersebut merupakan seorang anggota staf sebuah fasilitas perawatan senior, yang mengunjungi sebuah institusi perawatan kesehatan pada 12 Februari lalu.

Menurut laporan, awalnya ia mengalami gejala-gejala seperti flu, tetapi ia kembali ke rumah pada hari yang sama karena tidak didiagnosis menderita pneumonia.

Dia kembali bekerja di rumah senior pada 13 Februari, 14 Februari di rumah, dan kemudian dilaporkan bepergian ke Indonesia untuk liburan keluarga pada 15 Februari.

Meski begitu, laporan NHK tidak menyebutan tujuan pasti pria itu saat ke Indonesia. Ia dirawat di rumah sakit setelah kembali ke Jepang pada 19 Februari karena kesulitan bernafas, dan dikatakan dalam “kondisi serius”.

Siaran pers dari Tokyo Novel Coronavirus Infectious Disease Control Center di situs web pemerintah metropolitan Tokyo menyatakan pria itu dinyatakan positif mengidap penyakit COVID-19 dan gejala-gejalanya mulai terjadi pada 12 Februari.

Kondisi pria tersebut kini terdaftar sebagai pasien dengan kondisi “serius”. Namun, rilis tersebut tidak menyebutkan riwayat perjalanan ke Indonesia, hanya mengatakan bahwa pria itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke Cina dalam waktu 14 hari sebelum timbulnya gejala.

Kasus ini menjadi kasus kedua kalinya seorang pasien dinyatakan positif COVID-19 setelah kunjungan ke Indonesia.

Sebelumnya, seorang lelaki Tionghoa yang diidentifikasi sebagai Jin, dinyatakan positif mengidap penyakit itu awal bulan ini, delapan hari setelah kembali dari Bali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini