Lagi, Pemerintah Tegaskan Tak Ada Lockdown

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah kembali menegaskan, tak akan mengambil langkah lockdown sebagai upaya menghadapi wabah corona atau Covid-19.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berkata, pemerintah membutuhkan kedisiplinan masyarakat untuk ikut imbauan agar tetap tinggal di rumah saja, sembari menjaga kondisi fisik tetap sehat, ketimbang harus mengambil keputusan lockdown.

“Tidak akan lockdown, tapi social distancing atau physical distancing. Yang terpenting adalah menerapkan disiplin,” kata Ma’ruf dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis 26 Maret 2020.

Bahkan, Ma’ruf menegaskan, pemerintah sama sekali belum memilih opsi lockdown sebagai langkah memutus rantai penyebaran wabah.

Pemerintah lebih mengandalkan masyarakat untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak fisik dengan orang lain, khususnya di daerah dengan jumlah penderita positif, orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) tinggi.

“Kita melakukan upaya-upaya pendisiplinan itu melalui pendekatan kesehatan, kemudian keamanan juga untuk membubarkan setiap kerumunan yang bisa mengakibatkan penyebaran virus itu, dan juga pendekatan keagaaman untuk memahami dari aspek-aspek keagamaan,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini