Lagarde si Bos IMF Turun Takhta

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Christine Lagarde sang Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) akhirnya vakum dari jabatannya secara resmi.

Vakumnya Lagarde disebabkan ia telah untuk memimpin European Central Bank sebagai presiden. Lagarde akan fokus dengan posisi barunya tersebut dan tak lagi mengurusi IMF.

Dalam keterangan resminya, Lagarde berkata keputusannya itu bukan tanpa pertimbangan yang matang. Ia telah lebih dulu berkonsultasi dengan Komite Etik Dewan Eksekutif IMF, seperti dikutip dari Reuters, Rabu 3 Juli 2109.

Sebelumnya, para pemimpin Uni Eropa dalam pertemuan di Brussel, Belgia menyepakai sejumlah posisi tertinggi lembaga penting. Salah satunya adalah sepakat memilih Lagarde untuk menjadi Presiden Bank Sentral Eropa selama lima tahun.

Kesepakatan untuk menunjuk Lagarde yang merupakan warga Prancis itu, dicapai dengan cara tak mudah. Para pemimpin Uni Eropa yang melakukan pembahasannya di Brussel, Belgia, pada Selasa 2 Juli 2019 waktu setempat, harus melalui pembicaraan panjang dan berliku.

Meski demikian, para pemimpin Uni Eropa ini juga berhasil mencapai kesepakatan untuk tiga posisi penting lainnya di kepemimpinan Uni Eropa selanjutnya, yakni Presiden Komisi Eropa, Ketua Konfrensi Tingkat Tinggi pemimpin Eropa dan Jabatan Diplomat Utama. 

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini