Menlu Israel Murka Perjalanan Klandestin Netanyahu ke Arab Saudi Terbongkar

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL  – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu kabarnya berkunjung ke Arab Saudi untuk bertemu dengan putra mahkota, demikian diungkapkan seorang pejabat Israel. Pertemuan yang juga dihadiri oleh Amerika Serikat tersebut diyakini sebagai usaha melawan Iran.

Sebelumnya, media Israel mengatakan Netanyahu diam-diam terbang ke Neom di Laut Merah, pada Minggu (22/11), untuk melakukan pembicaraan dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo.

Namun, kabar ini dibantah oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan al Saud. Ia menegaskan bahwa pertemuan hanya terjadi antara pejabat Saudi dan Menlu Pompeo.

Arab Saudi, merupakan tempat di mana Islam lahir, telah lama memperjuangkan Palestina dan menghindari kontrak resmi dengan Israel –sebuah negara yang notabene menduduki wilayah Palestina.

Netanyahu yang tampil di depan umum terlihat berhati-hati untuk mengomentari perjalanan klandestin tersebut. Klandestin adalah kegiatan yang dilakukan secara rahasia dengan tujuan tertentu dan biasanya dilakukan dalam operasi intelijen perang atau kegiatan yang berbahaya dan berisiko.

Sementara seorang anggota kabinet keamanan Netanyahu mengatakan kepada Radio Angkatan Darat: “Fakta bahwa pertemuan itu terjadi, dan diumumkan ke publik bahkan jika setengah resmi saat ini, adalah masalah yang sangat penting.”

Melansir Reuters, Selasa, 24 November 2020, Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz dalam pidatonya mengutuk “kebocoran penerbangan rahasia ke Arab Saudi yang dilaporkan pihak-pihak tak bertanggung jawab.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini