KPU RI Bakal Evaluasi Honor KPPS di Pemilu Selanjutnya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Banyaknya KPPS yang gugur saat menjalankan tugas saat dan setelah Pemilu 2019 menjadi sorotan publik belakangan ini. KPU RI pun berencana akan mengevaluasi kembali honor KPPS pada pemilu selanjutnya.

KPU menjadi bulan-bulanan publik yang menganggap antara sistem dan beban kerja tidak sesuai dengan honor yang diterima KPPS. Imbasnya, ratusan KPPS dikabarkan telah gugur dalam tugasnya.

“Gini, salah satu faktor yang membuat anggaran Pemilu besar itu adalah honor untuk penyelenggara. Kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menaikan, tetapi anggaran terbatas,” ujar Anggota KPU RI, Ilham Saputra di Jakarta, Kamis 25 April 2019.

Ilham mengakui, honor KPPS ini sempat menjadi perhatian Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Menkeu melihat bahwa honor petugas KPPS saat ini terbilang tidak masuk akal, namun semua kembali kepada keterbatasan anggaran negara.

Dengan demikian Ilham menekankan, pihaknya akan mengevaluasi dan mempertimbangkan kembali honor yang layak bagi para petugas Pemilu di tingkat bawah.

“Kita evaluasi, pertimbangkan kembali dalam pemilu berikutnya harus ada honor yang layak bagi petugas tingkat bawah,” kata Ilham. (Mega)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini