KPK Bantah Provokasi Mahasiswa, Tapi Video Audiensinya Bakar Semangat untuk Demo

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Dituding memprovokasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdalih hanya menerima audiensi perwakilan masyarakat antikorupsi. Namun, dari video yang beredar jelas sekali ajakan dari narasumber yang dihadirkan agar mahasiswa itu bergerak.

Narasumber pada acara itu adalah Bachtiar Firdaus yang diperkenalkan sebagai Presiden BEM Universitas Indonesia (UI) periode 1999-2000.

Bachtiar ternyata disebut-sebut sebagai politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun dia menolak mengungkapkan statusnya tersebut ketika ditanya salah seorang peserta audensi.

“Menjawab beberapa pertanyaan wartawan dan masyarakat yang mengonfirmasi adanya video yang beredar hari ini yang di-“framing” seolah-olah peristiwa itu rapat beberapa saat sebelum demonstrasi mahasiswa dilakukan di Gedung DPR hari ini. Perlu kami tegaskan bahwa hal tersebut tidak benar,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa 24 September 2019.

Jawaban Febri itu rasanya tidak cukup kuat menangkis tudingan masyarakat bahwa KPK telah melakukan ‘penggalangan’ untuk melakukan perlawanan.

“Ini jadi kewajiban kalian untuk membuktikan bahwa gerakan mahasiswa bisa membuat sebuah perubahan,” ujar Bachtiar dengan nada berapi-api.

Bahkan sang narator mengemukakan hal yang kedua yaitu, jurus yang disebutnya sebagai “radikal elegan.” Radikal dalam menuntut tujuan mereka, tetapi caranya harus elegan.

Hingga kini memang tidak jelas benar hubungan video tersebut dengan aksi massa dua hari belakangan. Namun yang jelas orator Bachtiar yang dikenal juga sebagai konsultan leadership itu tidak menghapus kesan penggalangan.

Sementara Febri menegaskan informasi yang benar adalah pada 11-12 September 2019, KPK menerima audiensi sejumlah perwakilan masyarakat antikorupsi seperti Gerakan Antikorupsi (GAK) dan akademisi yang fokus isu antikorupsi serta perwakilan pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

KPK, kata dia, mengajak semua pihak menghargai niat tulus dari para mahasiswa dan masyarakat yang menyuarakan pendapatnya. Berikut ini video tersebut;

Ini bukannya tim perwakilan mahasiswa yang semalem diterima BALEG DPR? dapat briefing demo di kantor KPK? Mau jadi apa kalian nak!

Posted by Seword.com on Tuesday, September 24, 2019

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini