Korut Umumkan Pasien Positif Corona Pertama

Baca Juga

MATA INDONESIA, PYONGYANG – Korea Utara (Korut) akhirnya melaporkan 1 pasien positif corona (covid-19). Ini menjadi perdana bagi negara tersebut, setelah pandemi berlangsung lebih dari setengah tahun.

Pasien tesebut diketahui berasal dari warga yang secara ilegal masuk ke wilayah tersebut tiga tahun lalu.

“Seseorang yang suspek telah terinfeksi dengan virus ganas telah dikembalikan pada 19 Juli setelah secara ilegal menyeberang garis demarkasi,” demikian ujar penyiar kantor berita Korut, KCNA, yang dilansir AFP pada Minggu, 26 Juli 2020.

Orang tersebut ditemukan di kota Kaesong, yang berbatasan dengan Korea Selatan. Ia pun saat ini tengah dipaksa mengikuti karantina sebagai langkah utama.

“Dan semua orang…siapa pun yang pernah kontak dengna orang itu, dan mereka yang berada di kota itu dalam lima hari terakhir pun akan dicek kembali dan dikarantina,” demikian siaran KCNA.

Untuk menyikapi situasi ini agar tak menimbulkan bencana kematian dan menghancurkan, Presiden Korut Kim Jong-un menggelar pertemuan darurat politburo.

Kim Jong-un mengatakan meskipun ada pencegahan dan penangkalan yang ketat, virus itu bisa saja telah masuk ke negara itu.

Kim pun menyatakan pemerintah telah memblokade kota Kaesong hingga 24 Juli, sejak dugaan suspek tersebut terdeteksi pada 19 Juli lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini