Korban Gempa Turki, 26 Meninggal Dunia dan 800 Orang Alami Luka-Luka

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sedikitnya 26 orang meninggal dunia dan 804 orang mengalami luka-luka akibat gempa magnitudo 7,0 mengguncang di Izmir, Turki. Korban dipastikan kembali bertambah karena masih banyak yang terjebak direruntuhan.

Pejabat setempat mengatakan, dari 26 orang yang dilaporkan meninggal dunia, sebanyak 24 orang tewas berasal dari daerah pesisir di barat Turki. Sementara dua lainnya adalah remaja laki-laki dan perempuan yang ditemukan meninggal setelah tertimpa tembok runtuh di Pulau Samos.

Walikota Tunc Soyer, mengatakan gempa juga menghancurkan banyak bangunan. Sampai saat ini, tercatat 20 bangunan hancur akibat gempa.

Sejak gempa pertama, tercatat ada 196 gempa susulan. 23 Gempa di antaranya berkekuatan lebih dari 4,0.

Hingga ini upaya pencarian dan penyelamat korban yang mungkin tertimbun di bawah reruntuhan bangunan masih terus dilakukan.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, pusat gempa tersebut berada di 14 kilometer (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di pulau Samos Yunani, pada pukul 1.51 waktu Yunani.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal 10 kilometer, menurut USGS, membuat dampaknya sangat terasa di permukaan tanah di sekitar pusat gempa. Badan bencana Turki mencatat kedalaman pada 17 kilometer.

“Dengan semua sarana negara kami, kami mendukung warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri kami yang relevan,” tulis  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di akun Twitternya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini