Kominfo Siapkan Sarana Digital Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak cara yang dilakukan Presiden Joko Widodo untuk mendorong pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di tengah pandemi virus corona. Salah satunya dengan meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan produk-produk buatan lokal. Gerakan ini pun didukung Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate. “Kominfo pasti mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan harus menjadi gerakan rakyat, seluruh komponen bangsa,” kata Johnny saat konferensi pers virtual usai peluncuran gerakan tersebut, Kamis 14 Mei 2020.

Pelaku UMKM menceritakan saat ini mereka banyak bergantung pada penjualan secara dalam jaringan atau online. Kondisi ini terjadi karena aktivitas fisik yang dibatasi untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Untuk itu, Kominfo mendukung agar para pelaku UMKM memanfaatkan dengan baik teknologi digital yang ada untuk membantu bisnis mereka. “UMKM bisa memanfaatkan dengan benar sarana ruang digital yang kita miliki agar bisa menjadi soko guru perekonomian kita,” kata Johnny.

Dengan begitu, menurut Menkominfo, perekonomian tidak hanya menguntungkan lapisan masyarakat yang berada di piramida atas. Sebagai wujud dukungan untuk perekonomian digital Indonesia, pihaknya mengaku sejak beberapa tahun belakangan gencar membangun ekosistem dan infrastruktur telekomunikasi.

Tujuannya agar seluruh tempat di Indonesia bisa terhubung ke jaringan komunikasi, termasuk daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh operator seluler.

Kominfo hingga saat ini menyediakan 7.634 titik internet gratis agar masyarakat bisa memanfaatkan ruang digital secara positif. Termasuk dukungan untuk talenta digital yang diharapkan bisa mengantarkan masyarakat menuju digital society, masyarakat digital.

Menurut Johnny hal tersebut merupakan tantangan yang besar baik dari segi jumlah maupun kompetensi. Diketahui, Indonesia sampai 2030 setidaknya membutuhkan 9 juta talenta digital yang memadai. Kominfo mengadakan program Digital Talent Scholarship untuk mengatasi kebutuhan Indonesia akan talenta digital.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini