Kocak! Sapi di Rusia Gunakan Kacamata VR Agar Produksi Susunya Bertambah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ada beberapa cara membuat produksi susu harian seekor sapi bertambah. Salah satunya peternak memberi perlakuan khusus pada sapi-sapi yang mereka pelihara. Seperti peternakan di Moscow ini yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

Peternak sapi di Rusia itu memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memakaikan kacamata VR pada sapi demi meningkatkan produksi susu.

Dikutip dari Oddity Central, peternakan sapi di wilayah Ramensky itu memakaikan sapi mereka kacamata Virtual Reality (VR). Kacamata VR kini banyak dipakai pencinta game untuk membuat pengalaman bermain mereka jadi lebih nyata dan menyenangkan.

Khusus untuk sapi, kacamata VR dianggap bisa mengurangi keresahan mereka. Karena penelitian telah menunjukkan ada hubungan antara keadaan emosional sapi dengan produksi susu harian mereka.

Dulu banyak peternak menyetel musik klasik untuk sapi agar mereka lebih tenang dan tidak stress, tapi cara tersebut ternyata sudah mulai digantikan teknologi lebih canggih. Peternakan RusMoloko memilih kacamata VR yang dirancang khusus agar menyesuaikan bentuk kepala sapi.

Inovasi tersebut mendapat banyak perhatian dari media nasional Rusia usai foto seekor sapi pakai kacamata VR viral di media sosial. Awalnya banyak orang berpikir hal itu candaan, tapi pejabat Kementerian Pertanian dan Makanan Moscow mengonfirmasi hal itu benar.

Ada pengembang kacamata VR khusus yang bekerja sama dengan para petani dan dokter hewan. Mereka menciptakan perangkat kacamata VR yang tidak hanya sesuai dengan struktur kepala sapi tapi juga membuat mereka nyaman.

Tidak diketahui pasti sudah berapa lama sapi di peternakan RusMoloko mengenakan kacamata VR, tapi Moscow Times menulis mereka sudah mendapat hasil positif. Sapi-sapi diketahui memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dan secara keseluruhan keadaan emosionalnya lebih baik.

Eksperimen selanjutnya ingin melihat bagaimana pengalaman virtual membuat produktivitas susu sapi meningkat. Lalu apa yang ditampilkan kacamata VR untuk sapi? Salah satunya sapi akan melihat padang musim panas saat mereka sebenarnya tengah stress di musim hujan.

 

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini