Kisah Sedih Jokowi, Pinjam Uang ke Bank Ditolak karena Tidak Punya Aset

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo ternyata memiliki kisah sedih yang memilukan di masa-masa mudanya dulu. Saat akan merintis usaha, Jokowi sempat meminjam uang ke bank, namun ditolak mentah-mentah karena tak memiliki aset apapun sebagai jaminan atau agunan.

Tragisnya lagi, Jokowi sampai harus meminjam sertifikat tanah orang tuanya sebagai agunan demi mendapatkan pinjaman dan memulai usaha.

“Saya ingat, mau pinjam Rp 10 juta saja agunannya harus lebih dari itu. Padahal saya tidak punya,” kata Jokowi saat bertemu ibu-ibu Mekaar binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Cilegon, Jumat 6 Desember 2019.

“Tanah tidak punya, apa yang saya miliki tidak ada. Itu pinjem ke orang tua, biar bisa pinjem di bank,” ujar Presiden Jokowi menambahkan.

Belajar dari kisahnya itu, Presiden Jokowi mengingatkan ibu-ibu Mekaar patut bersyukur dapat dipercaya menerima pinjaman modal usaha dari PNM. Dia pun meminta para nasabah Mekaar berhati-hati mengelola bantuan pinjaman modal usaha dari pemerintah.

“Ibu-ibu adalah orang-orang yang dipercaya. Hati-hati karena mendapatkan bantuan pinjaman tanpa agunan,” kata presiden.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini