Kisah Awal Mula Borussia Dortmund Berdiri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA– Siapa yang tak kenal Borussia Dortmund? Bagi kamu penggemar sepak bola, pasti sudah tak asing mendengar nama tim ini.
Borussia Dortmund merupakan salah satu dari 13 klub elit yang pernah menjuarai Liga Champions. Kemenangan piala winners tahun 1966 membuat mereka menjadi klub Jerman pertama yang memenangkan gelar Eropa.

Ballspielverein Borussia 09 e.V. Dortmund umumnya dikenal sebagai Borussia Dortmund, Dortmund, atau BVB, adalah klub sepak bola di Jerman berbasis di kota Dortmund, Nordrhein-Westfalen. Tim ini bermain di Bundesliga dan termasuk salah satu klub yang paling sukses di sejarah sepak bola Jerman.

Klub sepak bola ini didirikan pada tanggal 19 Desember 1909. Pendiri Dortmund adalah sekelompok pemuda yang tak senang dengan gereja Katolik Trinity Youth. Mereka mendirikan klub sepak bola dengan memberi nama Borussia yang berasal dari nama merek bir lokal.

Arti kata lain dari Borussia berasal dari nama Preußen (Prussia) nama kerajaan bangsa Jerman. Dikarenakan kata “kerajaan” bersifat feminim secara tata bahasa, maka Prussia menjadi Borussia. Pada zaman itu bermunculan klub-klub dengan nama kedaerahan seperti: Westfalia, Rhenania dan Germania.

Para pendiri klub ini adalah Franz dan Paul Braun, Henry Cleve, Hans Debest, Paul Dziendzielle, Julius dan Wilhelm Jacobi, Hans Kahn, Gustav Muller, Franz Risse, Fritz Schulte, Hans Siebold, August Tönnesmann, Heinrich, Robert Unger, Fritz Weber, serta Franz Wendt.

Awalnya Borussia menggunakan jersey berwarna biru dan putih sebelum berganti dengan warna kuning-hitam pada tahun 1913. Pendukung Borussia Dortmund memiliki julukan Die Borussen (The Borussian) atau Die Schwarzgelben (The Black Yellows).

Selama beberapa dekade, tim ini meraih kesuksesan di liga lokal. Klub ini sempat dilanda masalah finansial di akhir tahun 20-an, tetapi tim ini kembali bangkit pada tahun 30-an. Sekitar tahun 1950, Borussia Dortmund menandai masa kejayaan pertama, dengan memenangi dua trofi liga secara beruntun, yakni tahun 1956 dan 1957.

Tahun 1963 kompetisi Bundesliga digelar yang menyatukan berbagai kompetisi regional di Jerman. Klub ini ambil bagian di Bundesliga. Mereka meraih DFB Pokal pertama di tahun 1965. Sekitar tahun 70-an Dortmund sempat terpuruk, karena masalah keuangan hingga sempat terdegradasi. Tahun 1974, Dortmund meresmikan stadion baru bernama Westfalenstadion yang merupakan stadion terbesar di Jerman.

Meski “sempat tertidur”, Borussia kembali bangkit seiring kedatangan Ottmar Hiztfeld pada 1991. Pelatih legendaris ini sangat berjasa membangun periode keemasan dengan mempersembahkan dua gelar Bundesliga dan dua DFB-Supercup.

Ketika Borussia meraih trofi liga champions Eropa di musim 1996, ini menjadi sejarah pertama bagi Borussia Dortmund dimana mereka mengalahkan juara bertahan Juventus di final dengan skor 3-1. Mereka juga sukses meraih trofi Intercontinental Cup 1997, yang menandai era keemasan klub ini.

Sejumlah pemain kunci Dortmund di tahun 90-an antara lain adalah Matthias Sammer, Karl-Heinz Riedle, Lars Ricken dan Andreas Moller. Pada tahun 2000, klub ini dinyatakan krisis keuangan. Utang yang banyak membuat Dortmund harus mencari pinjaman agar tak bangkrut.

Setalah itu, tim ini mendapatkan pinjaman dari klub Bayern Munchen. Mereka juga menjual hak nama stadionnya dan menjual beberapa pemain bintangnya seperti Tomas Rosicky dan David Odonkor. Setelah mengalami krisis tersebut, Dortmund kembali bangkit setelah kedatangan pelatih muda berbakat yaitu Jurgen Klopp. Dibawah arahan Klopp, prestasi Dortmund meningkat. Klopp membawa Dortmund meraih double winners, yakni Bundesliga dan DFB Pokal.

Dortmund juga sempat melaju ke babak final Liga Champions 2013. Namun, dikalahkan Bayern Munchen di babak final. Klopp berhasil menjadi salah satu pelatih tersukses bagi Dortmund. Beberapa pemain kunci Dortmund di era Jurgen Klopp antara lain adalah Robert Lewandowski, Mario Gotze, Mats Hummels, Nuri Sahin, Ilkay Gundogan, Shinji Kagawa, Lukasz Piszczek dan Roman Weidenfeller.

Pada akhir tahun 2015 Klopp memutuskan untuk mengundurkan diri. Meski ditinggal Klopp, Dortmund tetap menjadi klub teratas Jerman dan menjadi pesaing utama Bayern di Bundesliga tiap musimnya. Borussia Dortmund telah memenangkan delapan kejuaran Jerman, empat DFB-Pokal, enam DFL-Supercup, satu Liga Champions UEFA, satu Piala Winners UEFA, dan satu Piala Interkontinental.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini