Ketika Pemain Asing Garuda Select Diajari Bahasa Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOUGHBOROUGH – Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, Garuda Select angkatan tiga dilibatkan pemain asing, salah satunya dari Italia. Pemain diharapkan bisa berbaur dengan pemain dari negara lain.

Salah satu tujuan kehadiran para pemain dari negara lain adalah terjadinya pertukaran budaya di antara para pemain. Kini, setelah lebih dari sebulan bersama-sama, para pemain sudah mulai mengenal kultur satu sama lain, dimulai dari hal yang paling mendasar yaitu bahasa.

Pemain asal Italia, Lorenzo, mulai tahu beberapa kosakata dalam Bahasa Indonesia. Dia mengaku senang bisa mengetahui beberapa kata dalam bahasa lain.

“Saya belajar beberapa kata seperti ‘lagi’, ‘satu’, dan ‘bagus sekali’. Kata-kata itu cukup membantu saya baik di pertandingan atau di luar lapangan,” kata Lorenzo.

“Mereka lucu-lucu, biasanya kami menghabiskan waktu di luar lapangan dengan bermain console game atau menonton sepak bola. Jadi, kata-kata tadi memang berguna untuk komunikasi sehari-hari. Saya juga sempat bertanya tentang makanan khas dari Indonesia,” ungkapnya.

Sebaliknya, pemain asal Indonesia juga diajari beberapa kata dalam bahasa Italia. Salah satu pemain yang mendapat kursus singkat adalah Noval Junior.

“Saya juga tahu bahasa Italia seperti ‘mandarino’ itu artinya jeruk dan ‘aranca’ artinya oranye. Tidak hanya bahasa, saya juga jadi tahu kebiasaan-kebiasaan orang Italia dari mulai cara bicara, reaksi ketika takjub, dan sebagainya. Karena juga sempat tanya di Italia itu orang-orangnya seperti apa,” kata Noval.

Keakraban di luar lapangan diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk tetap kompak sebagai tim. Apalagi dengan agenda latihan fisik yang intens selama lockdown, penyegaran pikiran tetap harus dilakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini