Ketersediaan Infrastruktur Digital Dukung Suksesnya PON Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Suksesnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tak lepas dari dukungan infrastruktur teknologi informasi komunikasi (TIK). Selain itu layanan komunikasi publik yang prima. Raihan prestasi putra-putri terbaik Indonesia maupun keunikan budaya serta potensi sumber daya Tanah Papua tidak hanya tersiar di Tanah Air namun juga sejagat raya.

Ketika berkunjung ke Papua, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan rasa optimistisnya jika penyelenggaraan PON XX Papua dapat berlangsung dengan baik. Hal ini berkat dukungan Kementerian Kominfo dalam menyiapkan infrastruktur telekomunikasi dan komunikasi publik. ”Harapannya PON berlangsung sukses,” ujarnya saat mengunjungi Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura, Kamis 23 September 2021.

Dalam kesempatan itu, Menkominfo menjelaskan jika kunjungannya ke Kota dan Kabupaten Jayapura memiliki dua agenda. Pertama terkait tugas pokok dan fungsi Kominfo dalam akselerasi digital, yaitu menindaklanjuti pembangunan infrastruktur TIK di Papua.

Kedua adalah terkait komunikasi publik pelaksanaan PON Papua. Menteri Johnny mengapresiasi kerja Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) yang telah menyiapkan berbagai perangkat agar komunikasi publik berjalan dengan baik.

Menkominfo mengharapkan pelaksanaan PON Papua dapat sukses dalam tiga hal sesuai arahan Presiden Joko Widodo, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses administrasi. Masyarakat bisa menikmati pesta olahraga empat tahunan dengan kegembiraan yang bisa menyebar hingga seluruh pelosok.

“PON adalah etalase Papua dan Indonesia di lingkungan global. Kita bisa menyampaikan pada dunia bahwa kita bisa menyelenggarakan pesta olahraga di tengah pandemi dengan mentaati protokol kesehatan,” tukas Menteri Johnny.

Terkait pembangunan jaringan telekomunikasi berkualitas pada saat PON XX Papua Kominfo, Menteri Johnny mendukung layanan jaringan telekomunikasi seluler 4G. Hal ini mengingat, akses komunikasi menjadi pilar penting dalam menyukseskan ajang olahraga PON Papua.

Seluruh lokasi dan venue tempat kompetisi olahraga dan sarana pendukung lainnya memiliki akses komunikasi seluler 4G. Pemerintah mengambil berbagai langkah untuk memastikan ketersediaan yang layanan telekomunikasi pada kedua ajang olahraga.

Kementerian Kominfo telah membangun rute baru kabel fiber optik jaringan bawah laut.  Di kedalaman 4.000 meter di sebelah utara Jayapura. Hal tersebut, agar jaringan telekomunikasi dapat memberikan akses komunikasi seluler 4G ketika terselenggaranya ajang olahraga bergensi PON.

Kominfo  berkomitmen menjaga jaringan telekomunikasi pada ajang olahraga tersebut tetap berkualitas. Dengan begitu, kapasitas dari trafik paket data jaringan telekomunikasi seluler 4G optimal selama ajang olahraga tersebut berlangsung.

BAKTI Kominfo menggunakan insfrastruktur jaringan tulang punggung (backbone) telekomunikasi Palapa Ring Timur untuk cadangan jaringan TelkomGroup. Cadangan jaringan dari BAKTI Kominfo ini untuk berbagai skenario, seperti kelebihan lalu lintas (traffic) komunikasi dan jaringan putus.

Lalu lintas telekomunikasi saat PON diperkirakan sangat besar. Maka itu, pemerintah menyiapkan cadangan telekomunikasi terutama di lokasi penyelenggara pertandingan, penginapan atlet dan lokasi penyelenggara kegiatan.

Sinyal seluler untuk penyelenggaraan PON XX Papua disiapkan oleh Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Kementerian Kominfo juga sudah mengadakan pengukuran sinyal di tempat penyelenggaraan PON XX Papua. Masing-masing di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini