Keren! Tahun Depan, Pejabat Kemenhub Dinas Pakai Mobil Listrik

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyewa mobil listrik milik Blue Bird, yang akan dipakai untuk dinas para pejabatnya mulai tahun depan patut ditiru.

Mobil listrik itu akan digunakan oleh pejabat-pejabat eselon 1 dan 2 yang berada di wilayah pusat dan UPT Kemenhub untuk keperluan operasional.

Tentu saja ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia, bahkan dunia, yang tengah gencar mengkampanyekan mobil listrik, sebagai pengganti kendaraan dengan bahan bakar minyak.

Dijelaskan Direktur Angkutan Multi Moda Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani, pihaknya akan mengganti semua mobil dinas sewaan konvensional yang ada dengan mobil listrik, untuk digunakan oleh 150-an pejabat yang diharap jadi pioner penggunaan kendaraan tersebut.

“Bahkan Pak Menteri minta secepatnya. Ini bagian dari sosialisasi,” ujar Yani di Jakarta, Minggu 8 September 2019.

Pemerintah saat ini mencanangkan pengembangan mobil listrik menyusul ditekennya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor untuk Transportasi Jalan pada 8 Agustus 2019.

“Jadi kita sudah komunikasikan ke Blue Bird, kalau Kemenhub sewa sekitar 150-an unit, harganya berapa, mekanisme sewanya akan bagaimana. Karena mobil kami tahu, mereka beli mobil listriknya juga enggak murah,” kata Yani.

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini