Kerajaan Halu Sunda Empire Runtuh, Tiga Tersangka Bakal Dibui 10 Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Polisi akhirnya menetapkan tiga orang petinggi Sunda Empire sebagai tersangka sudah menyebarkan berita bohong.

Ketiga petinggi itu yakni Nasri Banks selaku Perdana Menteri atau Grand Prime Minister, Rd Ratna Ningrum selaku kaisar atau ibunda ratu agung dan Raden Rangga Sasana atau HRH Rangga sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Sunda Empire.

Penetapan tersangka itu dilakukan setelah penyidik Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar memeriksa Nasri dan Ratna di Mapolda Jabar pada Selasa 28 Januari 2020.

Sementara Rangga, dia diamankan penyidik di kawasan Tambun, Bekasi. Usai ditangkap, Rangga digiring penyidik ke Mapolda Jabar malam harinya.

“Kita tetapkan sebagai tersangka sadara NB atau Nasri Banks selaku tokoh Sunda Empire atau perdana menteri dalam jabat weannya dan Rd Ratna Ningrum sebagai dudukannya kaisar,” ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso di Mapolda Jabar.

Menurut Erlangga, ketiganya disebut telah menyiarkan berita bohong. Mereka dikenakan Pasal 14 dan atau 15 Undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang penyiaran berita bohong yang menimbulkan keonaran.

Erlangga mengatakan penetapan tersangka terhadap ketiganya ini dilakukan setelah penyidik melakukan serangkaian pemeriksaan. Saat masih tahapan penyelidikan, polisi memeriksa sejumlah saksi mulai dari budayawan, sejarawan hingga pengelola Isola yang terletak di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Hendra Suhartiyono menambahkan klaim-klaim Sunda Empire yang mengaku menguasai tatanan bumi tidak benar.

Hendra menyatakan masih mendalami motif dari kemunculan Sunda Empire yang mengklaim menguasai tatanan dunia itu. Namun yang pasti, kata dia, petinggi Sunda Empire menjanjikan untuk mensejahterakan masyarakat dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini