Kepala BNPT: Jangan Nilai Teroris dari Cara Berpakaian

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagian masyarakat tak jarang mengidentifikasi teroris dari penampilan. Padahal, anggapan itu tidaklah benar.

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar teroris tidak bisa diidentikkan dari penampilan, termasuk cara berpakaian. “Tidak bisa diidentikkan orang seperti ini, seperti ini (teroris). Bisa saja mereka kamuflase pakaian biasa dan sebagainya,” katanya, di Jakarta, Senin 22 Juni 2020.

Pun ia menegaskan bahwa tak ada jaminan penampilan atau cara berpakaian tertentu identik dengan penganut paham radikal atau pelaku terorisme. Justru, kata dia, yang harus diwaspadai adalah cara pelaku menyampaikan pesan radikalisme.

Sebab kelompok radikalisme biasanya sudah menargetkan calon-calon korban. Terutama anak-anak muda yang akan direkrutnya melalui berbagai cara sehingga tanpa sadar mereka terbujuk.

Apalagi, lanjutnya, anak-anak muda berada dalam usia sedang mencari jatidiri yang menjadi sasaran empuk kelompok radikal untuk dipengaruhi. “Sangat dimungkinkan target tidak menyadari, misalnya dalam suatu pertemuan. Situasinya rentan, sementara pesan dan konten mereka sampaikan secara bagus maka akan cepat terpengaruh,” katanya.

Untuk itu, Boy meminta kalangan orang tua untuk memperketat pengawasan pergaulan anak-anaknya, terutama ketika mereka kerap ikut-ikut pertemuan dengan orang yang tidak dikenal.

“Waspada dengan orang yang tidak kita kenal, yang kita tidak tahu persis apa tujuannya. Ketahanan keluarga yang dapat memagari karena tanpa kita sadari, mereka (kelompok radikal) sudah menargetkan,” kata Boy.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini