Kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu 1 Juni 2019. Pada puncak arus mudik lebaran 2019 yang diperkirakan pada H-4 lebaran, sejumlah titik di Tol Jakarta-Cikampek-Cipali mengalami kepadatan volume kendaraan pemudik. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

MINEWS.ID, JAKARTA – Kepadatan kendaraan terus bertambah di ruas-ruas timur tol Trans Jawa membuat pemberlakuan sistem satu arah atau One Way ke Jakarta diperpanjang hingga Senin 9 Juni 2019 pukul 07.00 WIB.

Semula sistem tersebut hanya akan diterapkan pada Minggu 9 Juni 2019 pukul 07.00 WIB. Namun, pada waktu itu jumlah kendaraan yang masuk dari gerbang tol Kali Kangkung (KM 414), Jawa Tengah tidak kunjung berkurang, maka diputuskan sistem tersebut diberlakukan hingga Minggu pukul 24.00 WIB.

Lagi-lagi antrean kendaraan yang akan masuk tol Trans Jawa tidak kunjung berkurang sepanjang Minggu siang.

Kepadatan kendaraan bahkan terlihat di gerbang Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Kendaraan para pemudik yang hendak kembali ke Jakarta dan sekitarnya mengantre cukup panjang di sejumlah loket pembayaran.

Pemandangan yang sama juga terjadi di gerbang tol Kali Hurip akibat membludaknya kendaraan dari Bandung menuju Jakarta. Akibatnya bukan hanya gerbang tol itu saja yang dipadati kendaraan, tetapi juga di gerbang Utama Dua, Purwakarta Jawa Barat.

Hal tersebut membuat semua pemangku kebijakan yang mengatur operasional jalan tol memutuskan memperpanjang penerapan One Way hingga Senin pagi.

Untuk itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengimbau pengguna jalan tol tidak memacu kendaraannya terlalu cepat.

“Atur waktu perjalanan dengan lebih baik karena waktu one way diperpanjang hingga besok pukul 7 pagi,” kata Refdi.