MATA INDONESIA, KABUPATEN PANIAI – Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan senilai Rp 300 juta kepada korban banjir bandang di Kabupaten Paniai, Papua.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alama M Safii Nasution menegaskan bahwa bantuan tersebut terdiri dari makanan siap saji, tenda, paket sembako, makanan anak, matras, selimut dan 2 unit generator kapasitas 2800 watt yang dibutuhkan pengungsi.

“Begitu mengetahui adanya banjir di Kabupaten Paniai, Mensos bu Risma langsung memerintahkan tim untuk mengirimkan bantuan bencana alam ke lokasi. Namun kita mengalami kendala untuk sampai kesana karena cuaca buruk sehingga menginap dulu di Timika,” kata Safii.

Selain mengirimkan bantuan, Kemensos juga menurunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Tim Layanan Dukungan Psikososial dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Kemensos di Jayapura Papua serta SDM PKH.

Kerja sama dengan TNI-Polri serta pemerintah daerah akan dilakukan untuk memberikan konseling kepada warga yang terdampak banjir bandang.

Kepala Suku Paniai Alfon Sadi mengaku senang dengan bantuan dari pemerintah pusat. Hal ini dinilai merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Presiden kepada masyarakat Paniai.

Ia juga berharap pemerintah pusat dan pemda juga membantu membangun rumah mereka yang rusak akibat banjir dan menormalisasi sungai agar bencana banjir tidak terjadi lagi.

 

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here